Awas, Punya Berat Badan Normal Bukan Berarti Aman Dari Diabetes

ilustrasi
Diabetes sudah sejak lama dianggap sebagai penyakit yang identik dengan berat badan dan obesitas. Namun sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa satu dari lima orang yang memiliki berat badan normal bisa saja terkena diabetes atau pradiabetes (suatu kondisi yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2).

"Orang yang memiliki berat badan normal belum tentu aman dari serangan diabetes," ujar Arch Mainous, seorang profesor dari pelayanan kesehatan manajemen penelitian dan kebijkan di University of Florida, seperti yang dikutip dari Upi (14/7).

Tak hanya itu, pihaknya juga mengatakan bahwa sudah memiliki data kuat dalam pernyataannya tersebut.

"Paradigama ini yang harus digeser. Sehingga kami meneliti diabetes tidak hanya dari orang yang kelebihan berat badan dan obesitas," lanjutnya.

Faktanya, orang dengan pradiabetes memiliki kadar gula darah lebih tinggi dari normal, tetapi tidak lebih tinggi dari penderita diabetes. Akan tetapi, kelebihan berat badan terus menjadi faktor yang signifikan untuk diabetes tipe 2.

Dalam sebuah survei, ada 10 persen dari orang yang memiliki berat badan ringan dan terjangkit pradiabetes. Biasanya dialami oleh orang-orang yang masuk usia 45 tahun. Akan tetapi persentase itu terus meningkat seiring berjalannya waktu hingga mencapai 33 persen.

Selain peran genetik, pradiabetes juga disebabkan oleh orang yang terlalu banyak duduk dan merokok.

"Intinya, tidak semua orang obesitas itu akan menderita diabetes, dan orang diabetes tidak semuanya gemuk. Saya akan selalu menyarankan orang untuk berhenti mengonsumsi soda, jus, serta makanan cepat saji," tutupnya.


Sumber:merdeka

0 Response to "Awas, Punya Berat Badan Normal Bukan Berarti Aman Dari Diabetes"

Posting Komentar