Banyak Orang yang Berburu Gerhana Matahari. Ada apakah Fenomena yang Terjadi.

Sebentar lagi Gerhana Matahari Total akan dilalui di wilayah Nusantara. Gerhana Matahari Total akan kita lihat nanti pada hari rabu Tanggal 9 Maret 2016 namun tidak semua wilayah di Nusantara akan dilintasi oleh Gerhana Matahari. Adapun Wilayah yang akan dilintasi adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Kalimantan Selatan (Kalsel), merupakan salah satu provinsi yang akan dilintasi oleh Gerhana Matahari Total pada tangga 9 Maret 2016 mendatang. Pemerintah Provinsi sangat mendukung dengan adanya yang mengajak wisatawan untuk "Berburu Bayangan" di sejumlah kota di Kalimantan Selatan yang disinggahi kegelapan sempurna yaitu seperti di Amuntai, Paringin dan Tanjung.

Sebelum  Gerhana Matahari Pemprov Kalimantan selatan telah menyiapkan Acara Berburu Bayangan yang digagas oleh Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporbudpar) Kalimantan Selatan yang disertai pentas Seni. 



Kenapa akan banyak wisatawan yang datang ke Indonesia hanya sekedar berburu Gerhana Matahari..?? Adapun alasannya adalah karena adanya fenomena alam yang menakjubkan yang akan terjadi. Nantinya Jika Cuaca Cerah Pada saat Gerhana Matahari Total  langit siang akan berubah menjadi gelap seperti waktu malam. Pemandangan yang indah di langit akan terlihat bintang-bintang dan planet-planet selama terjadi gerhana matahari total. Bahkan kita akan menyaksikan planet dari deretan tata surya akan terlihat dengan jumlahnya 4 Planet. Dari keempat planet tersebut akan terlihat di wilayah yang dilintasi Gerhana Matahari Total. Adapun empat Planet tersebut adalah :

Planet Merkurius   akan terlihat di Langit Timur yang berada di atas Matahari jika kita menghadap ke timur. Adapun Sudut Elevasi antara Matahari dan Merkurius adalah 13 derajat. Merkurius akan terlihat sebagai bintang berwarna putih terang

Planet Venus  akan terlihat di Langit Timur berada di atas  Merkurius dengan perbedaan sudut elevasi dengan matahari 23 derajat. Venus akan terlihat warna putih dan terang. Karena Terangnya Planet Venus maka akan terlihat sebelum dan sesudah gerhana matahari total.
Planet Saturnus  akan terlihat di Langit sebelah Barat jika kita menghadap ke Barat yang berada paling tinggi tepat diatas kepala kita. Adapun besaran sudut elevasi dengan matahari adalah 93 derajat. Saturnus akan kita lihat bintang putih terang dengan magnitude 0,45 sedikit lebih terang disbanding merkurius.

Planet Mars berada di Langit sebelah Barat jika kita menghadap ke Barat yang posisinya tidak jauh dari saturnus. Keberadaan Mars tepatnya dibawah saturnus. Planet Mars akan terlihat bintang yang berwarna  merah terang dengan magnituso mencapai 0,1 yang berarti hamper sama terangnya dangan Merkurius nanti Setelah gerhana matahari total 9 Maret 2016 Selesai Mars akan terlihat setiap hari semakin terang hingga mencapai oposisi pada tanggal 22 Mei 2016.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nanti Hari Rabu Pagi Tanggal 9 Maret 2016 akan ramai banyak wisatawan baik local maupun internasional yang akan berkunjung ke wilayah yang dilintasi oleh Gerhana Matahari Total karena akan muncul keempat planet dari tata surya.
Jika Anda hendak menikmati fenomena alam gerhana matahari total yang terlihat dengan 4 planet nya silahkan kunjungi ke Wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.
Silahkan Bagikan Informasi ini bagi yang ingin berkunjung ke Wilayah yang dilintasi oleh Gerhana Matahari Total. Banyak Fasilitas penginapan yang sedang gencar melakukan promonya.
Sumber : BMKG

0 Response to "Banyak Orang yang Berburu Gerhana Matahari. Ada apakah Fenomena yang Terjadi. "

Posting Komentar