Hong Kong Disambar Petir 10 Ribu Kali dalam 24 Jam

Sambaran petir di Hong Kong mencapai 10 ribu kali sepanjang akhir pekan lalu.sumber photo:okezone

Kota Hong Kong, China disambar petir sebanyak 10 ribu kali sepanjang akhir pekan lalu. Rekor sambaran petir tersebut dicatat oleh otoritas setempat sejak Sabtu 9 Juli hingga Minggu 10 Juli 2016. 

Tidak hanya itu, otoritas setempat juga mencatat cuaca panas mencapai 37 derajat Celsius atau yang terpanas sejak 1968. Musim panas ekstrem yang melanda Hong Kong itu juga menyebabkan hujan badai dengan curah hujan mencapai lebih dari 30 milimeter di beberapa bagian kota.
 
Sambaran petir di Hong Kong.sumber photo:okezone



Ilmuwan setempat bernama Tam Yee-ting menuturkan, jumlah sambaran kilat sangat tinggi dan total sambaran dalam 24 jam telah melampaui rekor sebelumnya yakni 9.966 kali pada Juli 2005.

 “Suhu tinggi pada Sabtu menciptakan konveksi yang merupakan kenaikan udara hangat dari tanah. Kondisi ini menciptakan ketidakstabilan udara di lapisan atmosfer atas. Ini memberikan mekanisme untuk hujan dan petir,” papar Yee-ting, seperti diwartakan Daily Mail, Rabu (13/7/2016).

 Penduduk Hong Kong yang gelisah akan sambaran petir tersebut menyampaikan keluhannya di sosial media. “Badai di Hong Kong ini sungguh gila. Tiada hentinya kilatan petir menyambar dalam 10 menit,” cuit Jamie Pierre di akun Twitter.


Sumber:okezone

0 Response to "Hong Kong Disambar Petir 10 Ribu Kali dalam 24 Jam"

Posting Komentar